KAJIAN ASPEK KONSEP DIRI SISWA DI SMA NEGERI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Mursaid Dahlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Aspek-aspek konsep diri yang dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar Matematika siswa di SMA Negeri yang ada di kecamatan Salahutu. Penelitian dilakukan di 5 Sekolah tingkat SMA yang ada di kecamatan Salahutu. Penelitian melibatkan 200 sampel yang diambil 40 sampel pada masing-masing sekolah. Proses analisis data dimulai dari Statistik deskriptif, dilanjutkan dengan Analisis Structural Equation Modelling (SEM). Analisis SEM dimulai dengan uji validitas dan reliabilitas, uji persyaratan analisis, kemudian diikuti dengan verifikasi kelayakan model untuk memperoleh model struktural tahap final. Model struktural tahap final ini dijadikan dasar dalam menguji hipotesis dan menjawab permasalahan penelitian. Hasil Analisis menunjukan bahwa aspek perceptions about their academic competence) lebih dominan pengaruhnya dibanding aspek konsep diri lainnya. Berdasarkan analisis model structural persamaan jalur diperoleh bahwa konsep diri akademik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Mahasiswa secara signifikan

Keywords: Aspek-aspek Konsep diri, hasil belajar, Analisis SEM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Bimafika : Jurnal MIPA, Kependidikan dan Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Bimafika : Jurnal MIPA, Kependidikan dan Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.